Saturday 4 October 2014

Contoh mengamati lingkungan kehidupan masyarakat tentang pelanggaran HAM

Mengamati Lingkungan Kehidupan Masyarakat Tentang Pelanggaran HAM

Mengamati lingkungan di sekitar tempat tinggal

    Saya bertempat tinggal di Jalan Gang Darusslam IV di Kota Bekasi Barat. Sudah cukup lama saya tinggal di wilyah tersebut . Tata krama dan rasa solidaaritas antar remaja di tempat tinggal saya cukup bagus. Status sosial nya sederhana dan bermasyarakat. Hingga dalam suatu remaja di Rt saya membentuk suatu komunitas.

    Suasana bermasyarakat di sekitar rumah saya terkadang terjadi perselisihan. Karena lumayan luas dan ramai dengan warganya di sekitar tempat tinggal saya, Mereka tidak saling kenal, mereka hanya kenal di dekat rumah mereka masing-masing.

    Disekitar di tempat tinggal saya terdapat sebuah Masjid yang lumayan besar yang digunakan untuk shalat dan pengajian anak-anak maupun ibu-ibu.

Mengidentifikasi masalah-masalah yang terdapat di dalam masyarakat

    Begitu beragam orang-orang yang tinggal di sekitar ku, beragam juga masalah yang muncul seperti  anak-anak yang bandel, karena anak-anak yang terbilang masih kecil, sekitar umur-umur anak-anak kelas 3-4 sd dan umur 3 tahun masih banyak di lingkungan tempat tinggal  sholat masih bercanda, belum begitu banyak anak-anak yang berminat untuk mengaji setelah sholat.. Ada juga masalah anak-anak yang suka nongkrong, tetapi bikin ganggu lingkungan karena suka main gitar sampai malam, serta pernah terjadi sebuah pencurian dan penganiayaan.

Menguraikan hasil-hasil pengamatan tentang pelanggaran HAM di tempat tinggal

- Kategori pelanggaran HAM ringan

- Uraian singkat tentang kronologis kejadian

a.    Pencurian: pada waktu itu sekitar jam 06 sore, terjadi suatu puncurian gas kepada sebuah warung yang ada dirumah saya, karena kelalain seoarng pemilik warung yang tidak mau menjaga warungnya.

b.    Penganiayaan:  seorang pencuri di aniaya warga karena mencuri sebuah motor di rumah Pak RW, sekitar jam 10 malam

- Penyebab terjadinya Pelanggaran HAM tersebut

a.    Penyebab Pencurian

1.    Ekonomi
Hal ini dialami oleh rakyat kecil yang tidak mampu membeli barang kebutuhannya, seperti sandang, pangan, papan. Alasan mereka mencuri mayoritas adalah karena terpaksa mencuri untuk menghidupi keluarganya.

2.    Pengangguran
Meningkatnya pengangguran sangat berpengaruh besar terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat. Masyarakat dengan tingkat kesejahteraan yang rendah cenderung untuk tidak mempedulikan norma atau kaidah hukum yang berlaku. Oleh karena tidak memiliki pekerjaan yang tetap, maka pelaku mencuri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

3.    Tingkat pendidikan rendah
Rendahnya tingkat pendidikan seseorang juga mempengaruhi daya pikir seseorang untuk membuat keputusan dalam bertindak. Bila pendidikan rendah, maka orang akan melakukan kejahatan tanpa memikirkan akibat dari tindakannya tersebut.

4.    Tidak memiliki penghasilan yang cukup
Hal ini berpengaruh besar karena apabila seseorang tidak memiliki penghasilan yang cukup untuk keluarganya, maka ia akan menghalalkan segala cara untuk menghidupi keluarganya.

5.    Penyakit
Contohnya adalah kleptomania yang suka mengambil barang milik orang lain walau ia tidak membutuhkannya, hanya sebatas rasa ingin memiliki saja.

b.    Penyebab Penganiayaan

1.    Hasad dengki berlaku disebabkan perasaan tidak senang hati satu  pihak disebabkan kelebihan yang ada pada pihak lain yang tidak ada padanya.

2.    Tamak berlaku disebabkan sikap tidak mau kelebihan yang ada padadirinya dimiliki juga orang lain. ini juga disebabkan sikap tidak mau sesuatu peluang didahului oleh orang lain

3.    Tidak berupaya melawan nafsu. berlaku disebabkan emosi atau nafsu yang memuncak sehingga dirinya dikuasai oleh nafsu

4.    Dendam atau cemburu berlebihan. berlaku disebabkan seseorang itu merasakan bahawa dia tidak atau kurang diberi perhatian atau merasakan orang lain mendapat layanan yang lebih daripadanya.

- Upaya Penanganan Pelanggaran HAM tersebut

a.    Upaya Penanganan Pencurian

1.    Memberi penyuluhan

2.    Meningkatkan keamanan

Contoh:Pada kendaraan menggunakan alarm, memasang kunci stang, menghindari parkir di tempat sepi, memastikan semua pintu terkunci dan tidak meninggalkan barang berharga dalam mobil. Sedangan keamanan pada rumah lebih baik dipasang alarm keamanan, timer yang dapat menyalakan dan mematikan lampu secara otomatis saat tidak ada orang dirumah, memelihara anjing penjaga dan memasang kunci ganda, menggunakan jasa petugas keamanan.

b.    Upaya Penanganan Penganiayaan

1.    Memberitahukan nili-nilai HAM kepada masyarakat

2.    Meningkatkan pengawasan

3.    Hilangkan rasa dendam, dengki dan tamak kepada orang lain

4.    Berupaya melawan hawa nafsu

0 comments:

Post a Comment