Saturday 4 October 2014

Pengertian Syair, Ciri-ciri Syair, Jenis-jenis Syair

SYAIR  

    Syair adalah salah satu puisi lama. Syair berasal dari Persia, dan dibawa masuk ke Nusantara bersama dengan masuknya Islam ke Indonesia. Kata atau istilah Syair berasal dari bahasa arab yaitu Syi'ir atau Syu'ur yang berarti "perasaan yang menyadari", kemudian kata Syu'ur berkembang menjadi Syi'ru yang berarti puisi dalam pengetahuan umum. Dalam perkembangannya syair tersebut mengalami perubahan dan modifikasi sehingga menjadi khas Melayu, tidak lagi mengacu pada tradisi sastra syair negeri Arab.
 

Unsur-unsur syair di bagi menjadi empat, yaitu: 
  1. Tema yaitu pokok permasalahan.
  2. Perasaan yaitu sikap penyair terhadap pokok permasalahan yang terkadung dalam syair tesebut.
  3. Nada yaitu sikap penyair yang akan di ekpresikan  kepada pembaca.
  4. Amanat Yaitu sesuatu yang menjadi tujuan sang penyair

Ciri-ciri syair:
  1. 1 bait terdiri dari 4 baris
  2. Setiap baris terdiri atas 8 sampaii 12 suku kata. 
  3. Seluruh baris merupakan isi.
  4. Mempunyai rima akhir atau bersajak a-a-a-a.
  5. Bahasa biasanya kiasan
Menurut isinya, syair dibagi menjadi 5 golongan, sebagai berikut: 
  1. Syair panji merupakan syair pelipur lara yang bertema kisah pengembaraan dan peperangan. Selain itu, dalam syair panji pun terdapat unsur kisah percintaan. Syair panji yang terkenal adalah syair Ken Tambunan. Syair Ken Tambunan bercerita tentang kisah percintaan Raden Puspa Kencana yang parasnya seperti bidadari dengan Ken Tambunan.
  2. Syair romatis merupakan Syair Romantis berisi tentang percintaan yang biasanya terdapat pada cerita alipur laram hikayat, maupun cerita rakyat. Contoh syair yang termasuk syair romantis adalah Syair Bidasari, Syair Yatim Nestapa, Syair Abdul Muluk, Syair Sinyor Kosta, dan Syair Tajul Muluk.
  3. Syair kiasan merupakan syair kisah percintaan antara ikan, burung, bunga atau buahbuahan. Syair ini disebut juga syair binatang dan bunga-bungaan. Isinya merupakan sindiran atau kiasan terhadap suatu peristiwa. Misalnya Syair Ikan Terubuk merupakan syair sindiran bagi anak Raja Melaka yang meminang Putri Siak. Contoh syair ini adalah Syair Burung Pungguk, Syair Kumbang dan Melati, Syair Nuri, Syair Nyamuk dan Lalat, Syair Buahbuahan.
  4. Syair sejarah adalah syair yang berdasarkan pada cerita sejarah, seperti peperangan. Misalnya Syair Perang Mengkasar, mengenai perang yang terjadi di Mengkasar tahun 1668-1669; Syair Kaliwungu mengenai perang di Semarang tahun 1763; Syair Perang Palembang mengenai penyerangan Belanda atas Kota Palembang pada tahun 1819-1821
  5. Syair agama merupakan syair yang berisi ajaran agama dan nasihat bijak. Hamzah Fansuri adalah tokoh yang pertama kali menulis syair ini. Contoh syair agama adalah Syair Hamzah Fansuri, Syair Perahu, Syair Dagang, Syair Tabir Mimpi, dan Syair Raksi (syair ramalan kejadian). 

Semoga Bermanfaat :)

0 comments:

Post a Comment