Monday 8 June 2015

Konfigurasi Active Directory di Windows Server 2003

Konsep Dasar

Pengertian Active Directory




Active Directory merupakan sebuah directory service yang menyimpan berbagai informasi, misalnya konfigurassi jaringan baik user, grup, komputer, hardware, serta berbagai policy keamanan dalam satu database terpusat, sehingga dapat di akses oleh aplikasi dan user. Secara sederhana. Active directory di katakan sebuah file dengan database terpusat.

Peranan Active Directory dalam jaringan dapat di umpamakan sebagai buku terlepon, yang menyimpan daftar alamat dan informasi penting untuk mengenali berbagai obyek dalam jaringan. Peran utama Active Directory dalah menyediakan sarana untuk melakukan administrasi jaringan secara terpusat baik level dominan maupun lintas domain, selama antar domain tersebut masih berada dalam satu forest. 

Dalam sebuah jaringan, sistem operasi windows server 2003 dapat di instal sebagai member server maupun domain controler. Sebelum di lakukan konfigurasi, windows server bertindak sebagai member srver. Agar dapat bertindak sebagai domain kontroler, yaituperlu di instal Active Directory.


Tujuan

  • Menyelesaikan tugas yang telah diberikan
  • Mengetahui bagaimana konfigurasi Active Directory di Windows Server 2003

Berikut ini saya akan memberikan tutorial konfigurasi Active Directory di Windows Server 2003, anda dapat melihat tutorialnya dibawah ini:




Untuk join domain, anda bisa melihat tutorialnya di bawah ini:


Terimakasih...
Semoga bermanfaat...

0 comments:

Post a Comment